Internetan Smartfren AC682 Dengan Sekali Perintah di Ubuntu 11.10

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Kemarin saya sudah share cara seting Smartfren AC682 di Ubuntu 11.10 , bisa diihat di sini

Bedanya dengan postingan kali ini,, qt bisa langsung konekan modem hanya sekali perintah di terminal saja.. Tapi untuk itu harus di seting dulu ya.. Cekidot😀

1. Install usb_modeswitch bagi yang belum di install.. Namun di ubuntu 11.10 kayaknya sudah terinstall ko😀

# sudo apt-get install usb-modeswitch usb-modeswitch-data

2. Buat file dengan nama “19d2:ffde” di folder /etc/usb_modeswitch.d :

# cd /etc/usb_modeswitch.d/
# sudo gedit "19d2:ffde"

Isikan baris berikut :

########################################################
# ZTE "ffde" devices
DefaultVendor= 0x19d2 DefaultProduct=0xffde
TargetVendor= 0x19d2 TargetProductList="ffdd"
MessageContent="5553424312345679000000000000061b000000020000000000000000000000"
NeedResponse=1
CheckSuccess=20

3. Edit file 40-usb_modeswitch.rules :

# sudo gedit /lib/udev/rules.d/40-usb_modeswitch.rules

Tambahkan baris berikut sebelum baris LABEL="modeswitch_rules_end"

# ZTE "ffde" (e.g. Smartfren ZTE AC682)
ATTRS{idVendor}=="19d2", ATTRS{idProduct}=="ffde", RUN+="usb_modeswitch '%b/%k'"

4. Restart Komputer.

5. Colokkan modem, lalu cek apakah modem sudah terdeteksi dan menggunakan driver option :

6.  Pastikan lampu indikator modem sudah berkedip

cek modem :

$ ls /dev/ttyUSB0
/dev/ttyUSB0

Kemudian jalankan modem dengan Wvdial.

7. # sudo wvdialconf

Scanning your serial ports for a modem.

Modem Port Scan: S0 S1 S2 S3 S4 S5 S6 S7
Modem Port Scan: S8 S9 S10 S11 S12 S13 S14 S15
Modem Port Scan: S16 S17 S18 S19 S20 S21 S22 S23
Modem Port Scan: S24 S25 S26 S27 S28 S29 S30 S31
WvModem: Cannot get information for serial port.
ttyUSB0: ATQ0 V1 E1 — OK
ttyUSB0: ATQ0 V1 E1 Z — OK
ttyUSB0: ATQ0 V1 E1 S0=0 — OK
ttyUSB0: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 — OK
ttyUSB0: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 — OK
ttyUSB0: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0 — OK
ttyUSB0: Modem Identifier: ATI — Manufacturer: +GMI: China TeleCom
ttyUSB0: Speed 9600: AT — OK
ttyUSB0: Max speed is 9600; that should be safe.
ttyUSB0: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0 — OK
WvModem: Cannot get information for serial port.
ttyUSB1: ATQ0 V1 E1 — failed with 2400 baud, next try: 9600 baud
ttyUSB1: ATQ0 V1 E1 — failed with 9600 baud, next try: 9600 baud
ttyUSB1: ATQ0 V1 E1 — and failed too at 115200, giving up.
WvModem: Cannot get information for serial port.
ttyUSB2: ATQ0 V1 E1 — OK
ttyUSB2: ATQ0 V1 E1 Z — OK
ttyUSB2: ATQ0 V1 E1 S0=0 — OK
ttyUSB2: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 — OK
ttyUSB2: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 — OK
ttyUSB2: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0 — OK
ttyUSB2: Modem Identifier: ATI — Manufacturer: +GMI: China TeleCom
ttyUSB2: Speed 9600: AT — OK
ttyUSB2: Max speed is 9600; that should be safe.
ttyUSB2: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0 — OK

Found a modem on /dev/ttyUSB0.
Modem configuration written to /etc/wvdial.conf.
ttyUSB0: Speed 9600; init "ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0"
ttyUSB2: Speed 9600; init "ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0"

modem terdeteksi di /dev/ttyUSB0

8. # sudo gedit /etc/wvdial.conf
tambahkan baris berikut
[Dialer smart]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
Command Line = ATDTISDN = 0
New PPPD = yes
Phone = #777
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = smart
Password = smart
Baud = 460800

Nah berikut adalah cara untuk mengkoneckan modem dengan mudah,,, biar setiap kali mau konek tidak repot2 eject modem, ganti produk n vendor, pke wvdial lg … kan bisa lama bgt n bikin pusing,,, Berikut caranya :

1. Buat file berekstensi .sh di home, klo saya kasih nama smart.sh

Kemudian isi dengan baris berikut :

#!/bin/bash
sleep 2
sudo modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0xffdd
sleep 2
sudo wvdial smart

Save n Close ..

2. Ketik di terminal # sudo chmod +x smart.sh

3. Untuk menjalankan modem tiap mau koneck tinggal colokan modem buka terminal dan ketik perintah  ./smart.sh

Beres ,, mudah n cepat kan ,,,😀

Selamat Mencoba !!!

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Referensi

12 thoughts on “Internetan Smartfren AC682 Dengan Sekali Perintah di Ubuntu 11.10

  1. gan kalo laptop ane di mode offline bagaimana,,,
    ane searching di embah google pake paket *.deb (paket nya ada 5), setelah ane download ke 5 paket nya dan ane install lah itu paket “sudo dpkg -i *.deb” muncul koreksi kesalahan pada paket wvdial.deb nya , dan muncul pula kesalahan pada 2 paket yang lain nya,,,
    mohon pencerahan nya gan

  2. coba dnlot wvdial di blog ini, search aj dpncarian blog..
    1. tmptin folder wvdial d home biar mdh
    2. cd /home/user km/nama wvdial km
    biar valid mis hbs “h” lngsng tkn Tab d kibort n strnya smpai foldr wvdial. n enter
    3. sudo dpkg -i *.deb
    antara i dan * ada spasi. .
    smga brhsil. .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s